Sabtu, 17 November 2012

Lord Robert Baden Powell



Lord Robert Baden Powell
          Kalau kita pelajari sejarah berdirnya peramuka ,kita tidak terlepas dari riwayat hidup pendiri ke pramukaan se dunia, yaitu dari Lord Robert Baden Powell of Gilwell. Pengalaman hidup beliau tercetus untuk mengeluarkan gagasan mengenai pembinaan para remaja di negeri Inggris. Pembinaan remaja inilah yang kemudian tumbuh dan berkembang sehingga menjadi Gerakan Pendidikan Kepramukaan sekarang.
          Baden Powell lahir pada tanggal  di 22 Februari 1857 London. Namanya yang sebenarnya adalah Robert Stephenson Smyth, ia sering dijuluki IMPESA yang artinya serigala yang tidak pernah tidur, ayah beliau seorang professor Geometry di universitas Oxford,bernama Baden Powell, yang meninggal ketika Stephenson masih kecil .Ibunya bernama Henrietta Grece Smyth Pengalaman Baden Powell sejak kecil yang berpengaruh pada kegiatan kepramukaan yang cukup menarik dan cukup banyak ,antara lain adalah :
1)    Ditinggal bapaknya sejak kecil,dan mendapat pembinaan watak dari ibunya.
2)    Latihan keterampilan berlayar,berenang dan berkemah,olahraga dan lain-lain didapat dari kaka-kakaknya.
3)    Baden Powell sangat disenangi teman-temannya,karena selalu gembira,lucu, cerdas,suka mainmusik,bersandiwara,berolahraga,mengarang da menggambar.
4)    Berpengalaman di India sebagai pembantu Letnan pada Resimen 13 Kavaleri,yang berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang,dan ditemukan di puncak gunung,serta keberhasilan melatih panca indra kepada kimball-O’Hara .
5)    Pengalaman terkepung bangsa Boer di kota Mafeking,Afrika Selatan,selama 127 hari dan kekurangan makan.
6)    Berpengaalamann mengalahkan kerajaan Zulu di Afrika dan mengambil kalung manik milik Raja Dinizulu.
Pengalaman di tulis dan di bukukan menjadi sebuah buku yang berjudul “ Aids to Scouting”
Yang sebenarnya member i petunjuk kepada tentara muda Inggris agar dapat melakukan tugas penyelidik dengan baik. Bukunya sangat menarik,tidak hanya bagi para pemuda bahkan orang dewasa.
          Tuan William Smyth sebagai salah seorang pimpinan Boys Brigade di Inggris minta agar Baden Powell melatih anggotanya sesuai dengan cerita pegalaman beliau itu
          Lalu dipanggilah sebanyak 21 orang pemuda dari Boys Brigade di berbagai wilayah negeri Inggris ,di ajak berkemah dan berlatih di pulau Brownsea pada tanggal  25 Juli 1907  selama 8 hari . Tahun 1910 Baden Powell minta pensiun  dari tentara dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal. Beliau mendapat title Lord dari raja George  pada tahun 1929.Baden Powell menikah dengan Olave St. Clair Soames pada tahun 1912,dan di anugeraahi tiga orang anak. Baden Powell meninggal pada tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri,Kenya,Afrika.
pada awal tahun 1908, Baden Powell selau menulis cerita pengalamannya sebagai bungkus acara latihan kepramukan yang dirintisnya,kumpulan tulisannya itu kemudian terbit sebagai buku “Scoutting for Boy” buku ini cepat tersebar ke seluruh negeri Inggris,bahkan ke Negara-negara lainnya,dan berdirilah dimana-mana organisasi kepramukaan (yang semula hanya untuk anak-anak laki-laki berusia penggalang) yang di sebut Boy Scout.
Kemudian di susul berdirinya organisasi kepramukaan putri yang diberi nama Girl Guides bantuan Agnes ,adik perempuan Baden Powell,dan kemudian diteruskan oleh Ny. Baden Powell.
Tahun 1916,berdiri kelompok  pramuka usia siaga,yang disebut CUB (anak serigala) dengan buku “The Junggel Book” berisi ceritera tentang MOWGLI anak didikan rimba (anak yang dipelihara di hutan oleh induk serigala) karangan Rudyard Kliping,sebagai ceritera pembungkus kegiatan CUB tersebut.
 Baden  1918,Baden Powell membentuk  ROVER SCOUT (Pramuka usia penegak) untuk menampung mereka yang sudah lewat usia 17 tahun,tapi masih senang giat dibidang kepramukaan.




Tahun 1912, Baden Powell menerbitkan buku ROVERING TO SUCCESS (Mengembara menuju bahagia) yang berisi petunjuk  bagi para pramuka penegak dalam menghadapi hidupnya,agar mencapai kebahagiaan.Buku ini menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya sendiri menuju ke pantai bahagia,yang dihadapaannya terdapat karang-karang yang berbahaya,yaitu; 1.karang perjudiaan ,2.karang wanita;3 karang minuman keras dan merokok;4 karang mementingkan diri sendiri dan mengorbankan orang lain (munafik);5. Karang tidak ber-Tuhan.
Tahun 1920 diselenggarakan jambore sedunia,di arena Olympia London. Baden Powell telah mengundang  pramuka dari 27 negara,dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu se dunia (chief scout of the world)
Pada tahun 1914 ,mulai menulis petunjuk untuk kursus pembina pramuka. Rencana ini baru dapat di laksanakan mulai tahun  1919.dari sahabatnya yang bernama W.F de Bois Mac Leren .Baden Powell mendapat sebidang tanah diChingford,yang digunakan sebagai tempat pendidikan Pembina pramuka.Tempat ini terkenal dengan nama GILWELL park.
Sejak tahun 1920 dibentuk dewan internasional dengan 9 orang angggota dan biro sekretariatnya yang berada di London, Inggris. Pada tahun 1958 Biro Kepramukaan se dunia(putera)dipindahkan dari London ke Ottawa di Canada. Tanggal 1 Mei 1658 Biro Keprramukaan se dunia di piindahkan lagi ke Geneva di Swiss. Sejak tahun 1920 sampai 11965 kepala Biro Kepramukaan se dunia ini dipegang beerturut-turut oleh Hubertt Martin ( Inggris), Kolonel J.S Willson( Inggris). Mayjen D.S Spry (Canada)
Tahun 1965 ,D.c spray digati R.T lund  dan sejak 1 mei 1968 sampai sekarang dipegang oleh DR Lasio Nagy sebagai Sakjen .Biro kepramukaan sedunia (putera) yang mempunyai 40 orang tenaga staf, yang ada di Geneva dan di 5 kantor kawasan ,yaitu di Costa Rica,Mesir, Philipina,Swiss dan Negeria.
Biro kepramukaan sedunia  puteri sampai  sekarang tetap berada di London,dan juga mempunyai kantor di lima kawasan,yaitu Eropa,Asia pasifik,Arab,Afrika dan Amerika Latin. 



Soal !
1.     Tanggal dan tahun berapakah Baden Powell lahir dan di mana ?
2.     Tanggal dan tahun berapakah Baden Powell meninggal ?
3.     Tahun berapa dan di mana pramuka pandu sedunia berkumpul ?
4.     Siapa nama ayah Baden Powell ?
5.     Siapa nama Ibu Baden Powell ?
6.     Siapa nama istri Baden Powell ?
7.     Siapa nama sahabat Baden Powell ?
8.     Apa nama lengkap Baden Powell ?
9.     Baden Powell sering dijuluiki dengan……………………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar